RUMAH & SAYA

Pagi, siang, sore dan malam…

Panas, hujan, dingin dan angin kencang…

Dalam kondisi apapun ketika saya berada didalam rumah, saya merasa nyaman dan terlindungi. Dimana rumahku itu, tempat saya berlindung, istirahat, membuat masakan untuk dimakan, menempatkan keluargaku, menaruh barang-barang berharga, dan menerima tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Abaikan sejarah bagaimana asal muasal dahulu nenek moyang kita menemukan dan membuat rumah, dan sekarang pikirkan bagaimana cara kita agar bisa memiliki rumah. mengontrak atau membangun atau membeli yang sudah jadi. Setelah memiliki lalu pikirkan bagaimana cara rumah kita bisa membuat nyaman diri kita untuk saat ini atau kelak dikemudian hari.

Besar, kecil, mewah, sederhana semua sifatnya hanya sementara. Sementara buat kita tapi perlu dipikirkan menfaat untuk keturunan kita kelak.

Hari ini jum’at, 20 Juli 2012. Saya tinggal disebuah rumah yang sudah saya tempati selama 6 tahun, sendiri dalam lingkungan urban disebuah wilayah mendekati wilayah elit Jakarta di daerah selatan.

Seperti kebiasaan tanpa perintah, tanpa rasa beban karena esoknya tepat hari pertama dilaksanakannya ibadah puasa di bulan ramadhan. Saya melakukan ritual bersih-bersih dan beres-beres pada rumah saya, ritual yang memang biasa saya lakukan pada setiap minggunya. Tapi ritual ini seperti menjadi keharusan yang entah kenapa saya hanya berharap ini sebagai ungkapan terima kasih saya pada rumah yang saya tempati.

Rumah saya tidak mewah, juga tidak bernilai mahal tapi cukup terlihat bersih dan nyaman dilihat karena saya merasa bagian dari rumah ini.

Ini soal Rumah & Saya

About dodi sanjaya

gemar menulis & bercerita, mencari nafkah sebagai pekerja film freelance
Pos ini dipublikasikan di TULISAN NON FIKSI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

