KESEMPATAN

Kesempatan itu datangnya cuma sekali, karena itu jangan di sia-siakan..

 

Kalau ingat kata-kata itu jadi berpikir lebih keras, ah tapi masa iya sih kita cuma dikasih satu kali kesempatan. Bukan hak kita untuk menjawab berapa kali kita dikasih kesempatan.

 

Datangnya kesempatan justru itu tugas kita untung berpikir, menimbang dan memutuskan apakah akan memanfaatkan kesempatan itu atau biarkan saja berlalu kesempatan itu. Kesempatan yang harus di pikirkan, ditimbang dan diputuskan tentu kesempatan yang berpeluang membawa kebaikan buat diri kita dan orang lain. 

 

Karakter seseorang sangat berpengaruh terhadap kesempatan yang datang, ada yang karakternya sigap, ada yang karakternya biasa dan ada yang karakternya tidak perduli. Ketika kesempatan itu berlalu faktor karakter seseorang yang sangat menentukan mau diambil atau dilewatkan begitu saja kesempatan itu. 

 

Tapi yang paling benar menurut saya itu setiap ada kesempatan sebaiknya di olah dulu dengan tiga tahapan seperti yang saya ungkap diatas. Ditanggapi, dipikirkan, ditimbang lalu diputuskan. 

 

Ditanggapi.. Kesempatan akan senang datang kembali kalau kita sigap melihat setiap kesempatan yang datang. 

 

Dipikirkan.. Ada manfaatnya kah buat diri kita dan orang sekitar kita atau tidak ada sama sekali dan bagaimana harus menjalaninya kesempatan itu. 

 

Ditimbang.. Kesempatan yang datang ditimbang baik buruknya berdasar pengalaman, berdasar pengetahuan dan berdasar naluri (ini agak berat nih).

 

Diputuskan.. Pada akhirnya kita tidak bisa berdiam diri setelah tiga proses sebelumnya, karena bagaimana pun juga harus ada keputusan yang solid dari dalam diri kita untuk mengambil kesempatan itu atau meninggalkannya tentu dengan penjelasan sebaik mungkin agar berkesan indah dan mendatangkan kesempatan lagi jika kita benar-benar siap kelak. 

 

Kesempatan itu datangnya cuma sekali, karena itu jangan di sia-siakan..

Sekarang jadi tidak berasa berat mendengarnya kalau tau bagaimana harus menghadapi kesempatan yang datang.. 

 

10:45 WIB Kemang – Jakarta Selatan

About dodi sanjaya

gemar menulis & bercerita, mencari nafkah sebagai pekerja film freelance
Pos ini dipublikasikan di TULISAN NON FIKSI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s